Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong Pemanfaatan Pasar Modal untuk Pengembangan Infrastruktur

Kompas.com - 05/05/2014, 12:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pemanfaatan pasar modal untuk membiayai proyek infrastruktur yang jangka panjang.

Wakil Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Rahmat Waluyanto mengatakan, pasar modal yang kuat dan dalam merupakan sumber yang kuat untuk pembiayaan dalam jangka panjang. Untuk itu, pasar modal harus dijaga stabilitasnya dengan meningkatkan partisipasi investor lokal.

"Saat ini investor asing ada 60 persen di pasar saham dan 33 persen di pasar obligasi negara. Jadi bagaimana kemudian misalnya untuk kebutuhan pendanaan sektor swasta maupun publik itu betul-betul mengandalkan dari pasar modal domestik," ujar dia, Senin (5/5/2014).

Untuk itu, penguatan basis investor domestikmenjadi salah satu upaya memperkuat pasar modal Indonesia. Upaya lain adalah membangun infrastruktur, perdagangan, dan mendorong diversifikasi berbagai instrumen pasar modal, instrumen investasi, termasuk instrumen manajemen risiko.

"Yang paling penting adalah bagaimana investor asing itu diberikan ruang. Kita tetap akan memberlakukan kebijakan market friendly, meskipun kita memprioritaskan pengembangan pasar domestik dengan lebih memperbesar porsi investor lokal," papar Rahmat.

Bagaimanapun, perkembangan pasar modal sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Perkembangan pasar modal sangat esensial untuk pertumbuhan ekonomi. Pasar modal bisa juga menjadi tantangan. Bila tidak dikelola dengan baik, maka pasar akan vulnerable, volatil, dan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab," kata Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com