Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Blue Bird Bisa Pakai Kartu Kredit Mandiri

Kompas.com - 05/05/2014, 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna taksi dalam melakukan pembayaran, Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Blue Bird memasang mesin Electronic Data Capture (EDC) di seluruh armada taksi Blue Bird.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin dan Direktur Utama Blue Bird Grup Purnomo Prawiro di Jakarta, Senin (5/5/2014).

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G.Sadikin menjelaskan, kerjasama ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memacu bisnis di segmen electronic banking serta memenuhi kebutuhan masyarakat atas alat pembayaran yang nyaman, cepat dan handal.

“Melalui kerjasama dengan para pelaku utama di sektor transportasi massal, kami berharap masyarakat akan semakin mengetahui kehandalan produk Bank Mandiri saat bertransaksi. Saat ini, kami telah bekerjasama dengan Transjakarta dan Taxi untuk memfasilitasi proses pembayaran dengan menggunakan kartu Mandiri,” kata Budi.

Pada tahap awal, diharapkan 1.000 unit taksi Blue Bird di wilayah Jakarta sudah dapat memanfaatkan alat pembayaran tersebut pada akhir Mei 2014. Budi mengharapkan, pada awal tahun 2015 seluruh armada taksi Blue Bird yang beroperasi di berbagai wilayah Indonesia telah dilengkapi dengan mesin EDC Mandiri.

Dengan kerjasama ini, pengguna taksi Blue Bird dapat membayar dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, kartu prepaid Mandiri, dan Mandiri e-Cash.

Sementara itu, Direktur Utama Blue Bird Group Purnomo Prawiro mengatakan, di usia Blue Bird yang ke 42 tahun, Blue Bird Group senantiasa meningkatkan layanan kepada semua pelanggan Blue Bird Group melalui inovasi-inovasi demi kepuasan pelanggan.

Hingga Maret 2014, Blue Bird Group memiliki armada taksi yang tersebar di seluruh Indonesia, sebanyak 29.000 armada, dengan 15.000 armada di antaranya berada di Jabodetabek. Melayani lebih dari 8,5 juta pelanggan setiap bulannya di seluruh Indonesia.

Informasi saja sampai triwulan pertama 2014, Bank Mandiri telah memasang mesin EDC sebanyak 240.468 unit di Tanah Air. Jumlah ini naik 24 persen dibanding Maret 2013. Sementara jumlah kartu kredit, kartu debit, dan kartu prepaid yang telah diterbitkan Bank Mandiri tercatat masing-masing sebanyak 3 juta kartu, 10 juta kartu, dan 3,6 juta kartu.

Adapun volume transaksi electronic banking Bank Mandiri pada Januari – Maret 2014, mencapai Rp 19,2 Triliun, tumbuh 30 persen dari periode yang sama tahun lalu.  Kenaikan ini ditopang oleh segmen retail yang mencapai 53 persen dari total volume transaksi triwulan I – 2014 sebesar Rp 10,2 triliun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com