Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Produksi CPO Tahun 2014 Naik Jadi 30 Juta Ton

Kompas.com - 06/05/2014, 14:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyatakan target produksi crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah tahun ini naik jadi 30 juta ton.

Sekretaris Jenderal Gapki, Joko Supriyono mengatakan, Pulau Sumatera sudah mulai diguyur hujan. Sehingga, diharapkan ada peningkatan produktivitas, khususnya dari perusahaannya di bawah payung PT Astra Agro Lestari.

"Dampak elnino belum terlihat. Menurut saya akan terjadi dalam dua tahun ke depan. Tapi sementara ini hanya masa tanamnya saja yang mundur," imbuh Joko ditemui di sela-sela Forest Asia Summit 2014, di Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Dari catatan Gapki, sepanjang 2013 lalu diprediksi produksi CPO dan turunannya mencapai 26 juta ton. Angka ini turun 1,9 persen dibandingkan dengan produksi tahun 2012 sebesar 26,5 juta ton.

Joko menambahkan, biasanya puncak produksi CPO akan terjadi pada kuartal ketiga tiap tahunnya. Dengan peningkatan target produksi CPO tahun ini artinya perusahaan kelapa sawit perlu melakukan ekspansi lahan perkebunan.

Namun demikian, untuk Astra Agro Lestari sendiri ekspansi tidak selalu membuka lahan baru. Dia mengatakan, ekspansi bisa dilakukan dengan jalan akuisisi. Namun, dia tak mau menjawab ketika ditanyakan adakah rencana akuisisi tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com