Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Pangkas Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun 2014

Kompas.com - 08/05/2014, 15:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) hari ini menahan suku bunga acuan BI pada posisi 7,5 persen. Bank sentral juga mengumumkan melakukan revisi ke bawah pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014.

"Bank Indonesia melihat tahun 2014 ini pertumbuhan ekonomi berada di kisaran antara 5,1 sampai 5,5 persen. Di dalam kajian kami, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 akan ada di kisaran 5,1 sampai 5,5 persen. Dan memang sebelumnya pertumbuhan ekonomi diprediksi 5,5 sampai 5,9 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Agus menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2014 tercatat sebesar 5,21 persen. Capaian tersebut lebih rendah dibandingkan pada kuartal IV 2013 yang tercatat pada kisaran 5,7 persen. Menurutnya, perlambatan tersebut disebabkan melemahnya kinerja ekspor riil.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih rendah dari perkiraan awal BI, disebabkan kontraksi ekspor riil karena menurunnya ekspor pertambangan seperti batu bara dan konsentrat mineral karena melemahnya permintaan dari Tiongkok dan menurunnya harga komoditas," ujar Agus.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan setidaknya terdapat 3 faktor yang menyebabkan ekspor pertambangan baik secara riil maupun nilai masih menurun.

Pertama, penurunan permintaan khususnya dari Tiongkok. Kedua, harga komoditas tambang yang turun, terutama karet, tembaga, dan batu bara. Ketiga, dampak kebijakan UU Minerba.

"Kami melihat kinerja beberapa hal dan realisasinya di kuartal I. Karena revisi di sisi ekspor, semua kita perkirakan ekspor riil waktu kita perkirakan (pertumbuhan ekonomi) 5,5 sampai 5,9 persen itu bisa tumbuh 8,1 sampai 8,5 persen. Ternyata dengan melihat realisasi kuartal I dan ketiga faktor tadi, kira perkirakan tahun 2014 ekspor riil hanya tumbuh 1,5 sampai 1,9 persen," papar Perry.

Bulan Maret lalu, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI pada tahun 2014 akan berada pada kisaran 5,5 sampai 5,9 persen. Prediksi ini merupakan revisi ke bawah dari prediksi semula, yakni 5,9 sampai 6,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com