Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Kredit Bank Mandiri ke Semen Padang Rp 1,9 Triliun Diteken

Kompas.com - 08/05/2014, 17:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menyepakati pemberian fasilitas kredit investasi senilai Rp1,95 triliun kepada PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dana tersebut untuk membiayai pembangunan pabrik Semen Indarung VI di Padang, Sumatera Barat.

Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Didiek Hartantyo menuturkan, fasilitas pinjaman tersebut bertenor delapan tahun dan akan memenuhi 53 persen dari total kebutuhan investasi untuk pembangunan pabrik.

Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas treasury line senilai 10 juta dollar AS kepada PT Semen Padang untuk memperkuat likuiditas valas perusahaan.

”Langkah ini merupakan bagian dari komitmen kami menyediakan pendanaan bagi peningkatan kapasitas produksi industri semen nasional guna mendukung pembangunan infrastruktur dan merealisasikan program yang telah dicanangkan pemerintah,” ungkap Rico dalam keterangan resminya, Kamis (8/5/2014).

Menurut Rico, fasilitas pinjaman tersebut merupakan bagian dari upaya perseroan dalam mendukung ekspansi bisnis Semen Indonesia Group.

Sementara itu, Direktur Utama Semen Padang Munadi Arifin mengemukakan bahwa kerjasama finansial dengan Bank Mandiri dapat mendukung ekspansi bisnis Semen Padang melalui peningkatan kapasitas produksi. Perseroan akan membangun pabrik semen Indarung VI, yang memiliki kapasitas hingga 3 juta ton per tahun.

Hingga tiwulan pertama 2014, pembiayaan Bank Mandiri ke sektor industri manufaktur telah mencapai Rp81,6 triliun, tumbuh 16,59 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara khusus untuk industri semen, kucuran kredit Bank Mandiri hingga akhir Maret 2014 telah mencapai Rp2,1 triliun, naik  3,7 persen dari Maret 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com