Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Jabatan Pendek, Chairul Tanjung Harus Pertahankan Stabilitas

Kompas.com - 19/05/2014, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Hatta Rajasa resmi menyerahkan jabatan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian kepada Chairul Tanjung atau akrab disapa CT. Sebagai Menko Perekonomian yang baru, masa jabatan CT sangat singkat, hanya sekitar lima bulan hingga masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II berakhir.

Ekonom dari Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih menilai, naiknya CT sebagai Menko Perekonomian tidak akan berdampak secara signifikan terhadap perekonomian nasional. Sebab, masa jabatan yang sangat singkat ini tidak memungkinkan untuk melakukan berbagai kebijakan strategis.

"Dampaknya, saya rasa tidak terlalu signifikan. Soalnya pemerintahan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) kan sudah mau selesai," kata Lana ketika dihubungi Kompas.com, Senin (19/5/2014).

Lana mengungkapkan saat ini perekonomian nasional sudah menunjukkan tren stabili. Oleh karena itu, sebagai Menko Perekonomian yang baru, CT harus dapat mempertahankan stabilitas ini.

"Saya rasa CT memiliki pengetahuan tentang ekonomi yang cukup. Saat ini sudah cukup stabil ya, seharusnya bisa mempertahankan stabilitas itu," ungkap Lana.

Sebelumnya, Presiden SBY hari ini melantik CT sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa yang mundur dari posisinya sebagai menteri karena akan maju sebagai bakal calon wakil presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com