Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 22/05/2014, 08:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan kembali bergerak variatif pada perdagangan Kamis (22/5/2014). Peluang penguatan kembali terjadi atas IHSG karena dorongan sentimen eksternal di tengah pengamatan investor atas kondisi politik domestik Indonesia.

Pasar saham Amerka Serikat (AS) berbalik menguat, seiring langkah The Fed yang masih akan memperketat kebijakan moneternya. Penguatan itu diapresiasi oleh indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,97 persen dan S&P 500 sebesar 0,81 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh kebijakan AS yang mempertahankan tingkat suku bunga rendah itu. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 yang menguat 0,95 persen dan KOSPI Composite di Korea Selatan 0,33 persen.

Sementara itu, harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif. Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi di bulan Mei 2014 masih relatif rendah, yakni sebesar 0,08 persen. Bank sentral masih akan memperhatikan faktor inflasi dari pangan dan juga kawasan Timur Indonesia, yang menyangkut masalah kelancaran distribusi.

Menurut tim riset Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks rebound dengan volume intraday relatif besar. Indikator stokhastik berpotensi membentuk golden cross dan aksi beli investor semakin tinggi. Hari ini indeks akan reli melanjutkan kenaikannya dan menguji resistance terdekat di level 4.991. Indeks akan bergerak di kisaran support 4.863 dan resistance 4.991.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com