Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewlett-Packard Akan Pangkas 16.000 Karyawan

Kompas.com - 23/05/2014, 18:32 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com -
Hewlett-Packard masih harus mengetatkan ikat pinggang selama kinerjanya belum kembali pulih. Chief Executive Officer HP Meg Whitman berencana memangkas 11.000 - 16.000 pekerja lagi di beberapa negara dan unit bisnis. Ini adalah pemangkasan karyawan kedua terbesar HP.

Produsen komputer dan printer yang mempekerjakan 250.000 karyawan ini, tiga tahun lalu mengatakan perlu memangkas 27.000 pekerja. Jumlahnya naik menjadi 34.000 di akhir tahun lalu.

Andai HP mengeksekusi rencananya yang sekarang, total karyawan yang terimbas restrukturisasi di bawah kepemimpinan Whitman mencapai 50.000 orang.

"Kami melakukan pengurangan lagi di area yang bukan sentral bagi konsumen dan agenda inovasi," kata Whitman.

Dia mengatakan, langkah perusahaan untuk kembali ke jalur kenaikan kinerja sedang on track.

Untuk menggenjot pendapatan, perusahaan tetap fokus di bisnis komputasi, jaringan, penyimpanan atau storage, serta software. Perusahaan juga akan menambah investasi di unit riset dan pengembangan (R&D).

Niat Whitman menjadikan HP sebagai produsen personal computer (PC) dengan pertumbuhan nomor 1 tampaknya masih jauh. Apalagi, pendapatan perusahaan di kuartal II tahun fiskalnya (1 Februari- 30 April) turun 1 persen menjadi 27,3 miliar dollar AS.

Ini merupakan penurunan kuartal ke-11 berturut-turut yang dialami HP. Penurunan penjualan PC diperparah aksi korporasi yang enggan jor-joran belanja teknologi. (Sanny Cicilia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com