Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Hatta Targetkan 2019 Semua Desa Teraliri Listrik

Kompas.com - 02/06/2014, 07:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Anggota Tim Sukses (Timses) Prabowo Subianto - Hatta Rajasa Bidang Kebijakan dan Program Drajad Wibowo menyatakan, apabila pasangan capres itu memenangi pemilu presiden pada 9 Juli mendatang, semua desa di Indonesia akan dialiri listrik hingga ke pelosok. Program ini akan dijalankan hingga masa jabatan berakhir pada tahun 2019 mendatang.

"Kami targetkan pelaksanaan listrik rasio 100 persen sampai tahun 2019. Kita ingin dorong ke sana," kata Drajad dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (31/5/2014).

Lebih lanjut, Drajad mengatakan, saat ini PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan satu-satunya penyedia listrik di Tanah Air. Untuk mengurangi beban penyaluran listrik yang saat ini masih disubsidi, ia mengatakan, pasangan Prabowo-Hatta akan menggenjot pula pengembangan dan pemanfaatan energi alternatif di luar listrik.

"Kita juga akan kembangkan micro hidro (energi tenaga air) bagi pemenuhan listrik di daerah-daerah terpencil. Prabowo-Hatta akan men-support dana Rp 1 miliar per desa/kelurahan," ujar Drajad.

Drajad menjelaskan, dalam Undang-Undang Desa dinyatakan, harus terdapat dana langsung yang dialirkan untuk pembangunan desa. Akan tetapi, saat ini karena pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum siap, maka dana yang dialirkan hanya Rp 800 miliar.

"Kami akan anggarkan Rp 385 triliun tahun 2015 sampai 2019 yang akan dipakai untuk membangun infrastruktur untuk rakyat melalui Program Desa, salah satunya adalah listrik. Saat ini banyak daerah di Indonesia yang belum tersentuh listrik," papar Drajad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com