Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Terpuruk, Rupiah Melemah ke Posisi Terendah 3 Bulan

Kompas.com - 02/06/2014, 09:29 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Senin (2/6/2014) pagi ini, di pasar spot nilai tukar rupiah terhadap dollar AS makin terpuruk hingga menembus level Rp 11.700.

Seperti dikutip dari Bloomberg, rupiah dibuka melorot ke posisi 11.725, turun dibanding penutupan akhir pekan lalu yang berada pada Rp 11.676 per dollar AS. Rupiah terakhir berada di kisaran 11.700 pada 21 Februari 2014.

Sementara kurs tengah Bank Indonesia Jumat (30/5/2014) lalu berada di posisi Rp 11.611 per dollar AS.

Rupiah sendiri mengawali pekan ini diproyeksikan masih bergerak variatif dengan kecenderungan melemah.

Tekanan defisit neraca perdagangan bisa membawa pelemahan tajam atas rupiah. Tren penguatan dollar index semenjak awal pekan lalu berangsur pudar semenjak tengah pekan hingga di akhir pekan.

Data belanja konsumen AS yang kurang baik mendorong pelemahan dollar index 0,11 persen pada Jumat (30/5/2014) lalu. Pelemahan dollar AS juga mendorong penguatan mata uang Asia. Malam ini ditunggu data ISM Manufacturing AS yang diperkirakan naik.  

Di tengah mandegnya posisi dollar AS, rupiah justru menolak naik mengikuti tren penguatan regional hingga perdagangan tutup akhir pekan lalu.

Selain hilangnya euforia politik, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesian, harapan menipisnya surplus neraca perdagangan menjaga tekanan pelemahan rupiah.

Siang ini diperkirakan surplus neraca perdagangan kembali terpangkas hingga 200 juta dollar AS. Pelemahan tajam rupiah akan terjadi jika surplus berganti defisit seperti perkiraan BI. Inflasi sepertinya akan stabil di kisaran 7,2 persen secara tahunan. Tekanan terhadap rupiah diproyeksikaan akan berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com