Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan Asing ke Indonesia Turun pada April

Kompas.com - 02/06/2014, 14:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada bulan April 2014 mengalami penurunan 5,13 persen dibandingkan bulan Maret 2014 menjadi 726.300, dari bulan sebelumnya 765,600 wisatawan.

Menurut Kepala BPS Suryamin, secara historis memang terdapat tren penurunan kedatangan kunjungan wisman pada bulan April dibandingkan Maret. "Dari Maret ke April memang selalu turun. Kedatangan wisman perlu ditingkatkan lagi karena dapat meningkatkan devisa negara," kata Suryamin dalam konferensi pers di kantornya, Senin (2/6/2014).

Selain terjadi penurunan jumlah kedatangan wisman, Suryamin mengungkapkan pihaknya mencatat penurunan kedatangan yang terjadi di seluruh pintu masuk atau bandara. Hanya terdapat dua pintu masuk yang mencatat peningkatan jumlah kedatangan wisman.

"Berdasarkan pintu masuk, pada April 2014 hampir seluruh pintu masuk mengalami penurunanm kecuali dua. Bandara Ngurah Rai mengalami peningkatan 3,54 persen dan Bandara Juanda meningkat 1,97 persen," ujar Suryamin.

Selain dua bandara tersebut, BPS juga mencatat bandara lain yang menjadi pintu masuk kedatangan wisman mengalami penurunan. Suryamin menjelaskan, diantaranya kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta mengalami penurunan 7,16 persen dan Bandara Kuala Namu turun 13,72 persen.

"Bandara Husein Sastranegara juga mengalami penurunan 37,15 persen. Biasanya di bandara ini kedatangan wisman tinggi, khususnya dari Malaysia dan Brunei Darussalam," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com