Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Penjelasan "Tol Laut" yang Akan Dibangun Jokowi

Kompas.com - 07/06/2014, 11:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Forum Ekonomi Megawati Institute, yang juga anggota tim ekonomi capres-cawapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla, Arif Budimanta menjelaskan, konsep ‘tol laut’ yang menjadi visi-misi pasangan capres-cawapres No.2 itu serupa dengan Pendulum Nusantara.

Arif menuturkan, ‘tol laut’ bertujuan untuk mengembangkan ekonomi maritim. “Menjadikan laut sebagai basis konektivitas produksi dan pemasaran antar daerah/pulau di Indonesia dan regional,” kata Ketua Forum Ekonomi Megawati Institute (FEMI) itu, kepada Kompas.com, Sabtu (7/6/2014).

Harapannya, realisasi ‘tol laut’ tersebut dapat menurunkan biaya logistik. Sehingga, lanjutnya, stabilitas harga barang maupun komoditas antar daerah terjaga.

“Untuk itu akan dikembangkan ‘tol laut’ berupa pengembangan pelabuhan hub di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua,” ujar anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat RI itu.

Dia menambahkan, nantinya, ada kapal yang secara reguler menghubungkan wilayah-wilayah/pulau-pulau sekitarnya dan maupun ke kawasan regional di wilayah Asia-Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com