Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkendala Lahan, Program Rumah Buruh Jokowi-JK Dibangun Vertikal

Kompas.com - 07/06/2014, 15:23 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Program pembangunan perumahan murah untuk buruh yang ada dalam visi misi Ekonomi pasangan Jokowi-JK akan terbentur dengan ketersedian lahan di daerah kawasan Industri yang semakin sempit.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Aliansi Rakyat Merdeka sekaligus tokoh buruh Indonesia, Jumhur Hidayat mengatakan, untuk mengatasi masalah ketersedian lahan, pembuatan perumahan murah untuk buruh yang digagas Jokowi-JK harus dibangun secara vertikal.

"Itu sederhana kan sudah dilakukan di Jakarta. Jadi dibuatnya keatas seperti rumah susun," ujar Jumhur Hidayat di Jakarta, Sabtu (7/6/2014).

Jumhur menjelaskan, kebutuhan akan perumahan buruh saat ini sangatlah mendesak. Oleh karena itu, dia menyambut baik program Jokowi-JK tersebut.

"Ya kalau harganya pasti maulah masyarakat, bisa diatur itu kan. Kalau masalah penggusuran saya tidak mau menjelaskan lebih dalam," kata Jumhur.

Mengenai lahan tanahnya, Jumhur mengatakan peran pemerintah harus besar dalam hal pembebasan tanah. Menurutnya, masalah mampu diselesaikan asalkan ada komitmen pemerintah terhadap masalah tersebut.

Sementara itu, Ketua Komite Bilateral Kadin Indonesia untuk Bulgaria, Albania dan Georgia, Alexander Yahya Datuk mengatakan, pembangunan perumahan buruh memang idealnya dibangun secara vertikal. Hal tersebut karena memang keterbatasan lahan disekitar kawasan industri sudah semakin padat.

"Memang ini (perumahan buruh) harus ke atas tidak lagi horizontal, karena dikawasan industri semakin padat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com