Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah: Kenaikan Harga Pangan Tak Dapat Dihindarkan

Kompas.com - 10/06/2014, 13:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang datangnya bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengumpulkan menteri-menteri dan pejabat negara terkait. Rapat membicarakan persiapan dan upaya stabilitas pangan terkait kemungkinan peningkatan permintaan.

"Prioritas kan stabilitas. Kita tau nih sudah mau Ramadhan kan. Sebentar lagi mau Lebaran dan selalu kalau Ramadhan dan Lebaran kan kebutuhan meningkat," kata CT di kantornya, Selasa (10/6/2014).

Menurut CT, kebutuhan memang selalu meningkat pada periode tersebut dan harga pasti akan naik. Kenaikan harga pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri, ujar dia, memang tidak dapat dihindari.

"Yang kita hindari adalah kenaikan yang tidak proporsional, kenaikan yang terlalu berlebihan yang memberatkan rakyat. Ini makanya kita akan monitor satu demi satu harga-harganya," papar CT.

Lebih lanjut, CT mengungkapkan selain memonitor harga komoditas, rapat yang dipimpinnya hari ini juga akan membicarakan terkait batas kenaikan dan ekspektasi harga.

Selain itu, dia juga mengaku akan membicarakan dampak El Nino terhadap produksi pangan. Rapat dimulai pada sekitar pukul 12.00.

Pantauan Kompas.com, rapat dihadiri Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi, Menteri Pertanian Suswono, Direktur Utama Bulog Sutarto, dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com