Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Kepala BP Migas: Investor Asing Pembantu Negara

Kompas.com - 11/06/2014, 09:22 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), Raden Priyono mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan investasi asing disektor minyak dan gas saat ini. Menurut dia, investor asing yang datang ke Indonesia justru jadi pembantu negara dalam mengelola sumber minyak dan gas nasional.

"Investor asing datang ke sini bukan jadi pemilik (sumber daya minyak dan gas), tapi jadi pembantu kita (mengelola minyak dan gas)," ujar Priyono di Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Priyono menjelaskan, investasi asing jangan dilihat dari sisi sumber daya alam nasional yang di ekplorasi sehingga seakan-akan negara tidak mendapatkan apapun dari ekplorasi tersebut. Seharusnya, investasi asing dilihat dari sisi kepentingan nasional yaitu melihat keuntungan apa yang didapat negara dari investasi asing tersebut. Jadi, sebut Priyono, prinsipnya adalah apabila negara untung maka investasi asing bukanlah hal yang perlu ditakutkan.

Priyono mencontohkan investasi Chevron di Selat Makasar Indonesia Deepwatter Development (IDD). Menurut dia, investasi 12 miliar dollar AS untuk melakukan pengeboran gas tersebut akan menguntungkan negara apabila jumlah gas yang terkandung didalamnya jauh lebih besar.

Selain bisa digunakan untuk kepentingan ekspor, gasnya juga bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan gas dalam negeri yang terus meningkat. "Saya kurang tau detail-detainya investasi itu (IDD), tapi kalo gasnya ternyata besar, wah untung sekali kita," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com