Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evaluasi Pelayanan, Dirut Pelni Menyamar sebagai Penumpang Umum

Kompas.com - 12/06/2014, 13:23 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sulistyo Wimbo Hardjito, Dirut PT Pelni yang baru punya cara unik dalam menilik pelayanan angkutan laut pelat merah tersebut.

Ditemui usai rapat pimpinan BUMN, di Kantor Pelni, Kamis (12/6/2014), Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan menceriterakan, dua pekan sebelum resmi menggantikan Syahril Japarin, Wimbo menyamar sebagai penumpang umum.

"Dua minggu sebelum jadi Dirut, dia jadi penumpang Pelni, menyamar sebagai penumpang biasa, pakai sendal jepit, pakai kaos," ujar Dahlan.

Saat dikonfirmasi, Wimbo membenarkan hal tersebut. Selama dua pekan itu dia menjajal sejumlah rute Pelni, antara lain Batam, Natuna, Pontianak, dan Banjarmasin. Dari penyamarannya itu, Wimbo mendapatkan permasalahan pelayanan masih ada di Pelni.

Menurut dia, masih banyak yang perlu diperbaiki dari pelayanan Pelni. "Beli tiket ke Natuna lamanya 5 jam. Pelayanan kurang, toiletnya kurang bersih, tempat tidurnya juga," katanya.

Dia mengungkapkan pelayanan Pelni yang masih kurang bukanlah karena sumber daya manusianya, namun tidak adanya sistem yang mempersiapkan SDM untuk memilki mental melayani. "Peningkatan pelayanannya, nanti 1 Juli, kita lihat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com