Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Tetap di Level 7,5 Persen

Kompas.com - 12/06/2014, 15:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) menyepakati suku bunga acuan BI atau BI rate tetap bertahan pada posisi 7,5 persen.

Selain itu, RDG BI juga menyepakati suku bunga deposit facility sebesar 5,75 persen dan lending facility sebesar 7,50 persen.

"Pada hari ini kami telah menyelesaikan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia. Rapat Dewan Gubernur memutuskan untuk menahan BI rate pada posisi 7,5 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Kantor Pusat BI, Kamis (12/6/2014).

Tirta menjelaskan, kebijakan mempertahankan suku bunga acuan tersebut masih konsisten untuk mengarahkan inflasi pada posisi 4,5 plus minus pada tahun 2014. Adapun pada tahun 2015, bank sentral menargetkan inflasi berada pada posisi 4 persen plus minus 1 persen.

Selain itu, kebijakan tersebut juga konsisten menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat.

"Proses penyesuaian ekonomi berjalan cukup baik meskipun ada risiko yang harus diwaspadai. Bank Indonesia akan senantiasa memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial," ujar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com