Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sudah Jelas Koalisi Mana yang Bisa Berantas Mafia Migas"

Kompas.com - 12/06/2014, 19:48 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota tim sukses Joko Widodo-Jusuf Kalla, Darmawan Prasodjo, meyakinkan bahwa pasangan capres-cawapres No.2 itu adalah orang-orang yang mampu memberantas mafis migas.

“Saya udah jelaskan, koalisi mana yang mampu memutus mata rantai mafia migas. Itu perlu karakter pemberani. Karakter pemberani itu bukan kemudian itu bukan dalam bentuk kata-kata, tetapi dalam membangun koalisi tersebut,” katanya ditemui di Jokowi-JK Center, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Menurutnya, keberanian Jokowi-JK sudah ditunjukkan sejak awal, yakni dengan menolak adanya kepentinan dari awal, berani menolak bagi-bagi kursi dengan resiko tidak ada partai politik yang mau bergabung.

“Itulah karakter yang mau ditunjukkan oleh Jokowi dari awal, dan karakter itu akan menjadi karakter kabinetnya Jokowi nanti,” ujarnya.

Sementara itu, karakter Prabowo-Hatta adalah mengakomodir semua kepentingan, demi kemenangan. Bahkan, imbuh Darmo, menteri yang seharusnya tidak ada pun ada di sana, menteri utama.

“Ini pertanda pemerintahan koalisi sebelah akan tersandera kepentingan bisnis dan golongan,” kata dia.

Namun ketika ditanyakan bagaimana langkah-langkah untuk memberantas mafia migas, Darmo belum menjelaskan. “Nah ini kalau detilnya nanti. Tapi karakternya dulu. Tapi itu jadi penekanan kenapa Jokowi bisa menyelesaikan masalah secara cepat, karena tidak tersandera oleh kepentingan manapun,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com