Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Perkirakan Neraca Perdagangan Akan Membaik

Kompas.com - 12/06/2014, 21:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan ke depan, khususnya Mei 2014 akan membaik. Sebelumnya pada bulan April 2014 neraca perdagangan tercatat defisit sebesar 1,96 miliar dollar AS.

"Ke depan, Bank Indonesia memperkirakan neraca perdagangan akan kembali membaik, didorong oleh aktivitas ekspor manufaktur sejalan dengan perbaikan ekonomi global serta terkendalinya impor sejalan dengan moderasi permintaan domestik," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (12/6/2014).

Adapun dari sisi neraca finansial, aliran masuk modal asing diperkirakan juga akan terus membaik. Hal ini dipengaruhi prospek ekonomi domestik yang semakin sehat. Hingga Mei 2014, aliran masuk portofolio asing ke pasar keuangan Indonesia telah mencapai 11,04 miliar dollar AS.

"Dengan perkembangan tersebut, pada akhir Mei 2014, cadangan devisa Indonesia meningkat menjadi 107 miliar dollar AS, setara 6,2 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," jelas Tirta.

Defisit neraca perdagangan pada April 2014 dinilai sesuai dengan pola musimannya. Hal ini terkait dengan meningkatnya meningkatnya permintaan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Impor nonmigas meningkat karena impor barang utama seperti mesin dan peralatan mekanik serta mesin dan peralatan listrik.

"Ekspor nonmigas berbasis sumber daya seperti batu bara dan minyak nabati mencatat pertumbuhan negatif, seiring melemahnya permintaan dari Tiongkok dan India. Di sisi lain, ekspor manufaktur masih mengalami peningkatan," papar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com