Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CT: Newmont Bisa Ekspor Bulan Ini, Asal...

Kompas.com - 13/06/2014, 20:53 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan PT Newmont Nusa Tenggara bisa segera ekspor bulan ini, asal perusahaan tambang itu menyepakati tawaran renegosiasi kontrak pemerintah.

"Kalau saya, kalau bisa bulan ini (ekspor), kenapa mesti bulan depan," katanya kepada wartawan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

CT mengatakan, akibat tidak bisa mengekspor, Newmont terpaksa menutup tambang Batu Hijau, dan merumahkan sementara operator tambang mereka. Dia mengatakan, solusi yang ditawarkan pemerintah agar karyawan tambang bisa kembali bekerja adalah Newmont segera merampungkan urusan renegosiasi kontrak.

Dia mengatakan, tim renegosiasi dan Newmont hampir sepakati seluruh poin. Sayangnya, CT enggan memberikan keterangan mengenai poin renegosiasi mana saja yang masih belum rampung.

"Tapi mereka menyampaikan bahwa sudah hampir selesai. Pesan saya, selesaikan secara baik, secepatnya, supaya mereka segera bisa ekspor, orang yang dirumahkan bisa kembali bekerja," ujarnya.

Meski membahas bagaimana agar Newmont bisa cepat kembali mengekspor, CT mengatakan, dalam pertemuannya dengan CEO Newmont Mining Corporation, Gary J. Goldberg, mereka tidak membahas secara khusus penutupan tambang Batu Hijau. "Sama sekali enggak (bahas)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com