Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasi Perdagangan, Penerimaan Bea akan Semakin Rendah

Kompas.com - 17/06/2014, 13:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, penerimaan di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan semakin rendah, menyusul integrasi perdagangan antar negara.

"Kita tahu dengan integrasi perdagangan negara, tarif itu akan menjadi semakin rendah," katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Selain tarif yang semakin rendah, dia juga bilang bahwa penerimaan DJBC sedikit terpengaruh merosotnya harga komoditas dan harga energi.

Terlepas dari hal itu, dalam sambutan pelantikan pejabat eselon II Kementerian Keuangan, Chatib memberikan apresiasi kepada DJBC karena berhasil menggagalkan penyelundupan 60.000 ton bahan bakar minyak bersubsidi, beberapa pekan lalu. Dia mengatakan, tidak terbayang kerugian negara jika penyelundupan itu terjadi.

"Memang fungsi Bea Cukai itu beda dengan Pajak. Pajak itu sebagai revenue collection, sedangkan Bea Cukai itu sebagai instrumen kebijakan, mengenai apakah sebuah kebijakan, atau barang itu masuknya lebih banyak atau lebih sedikit, barang berbahaya, atau memang tidak diizinkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com