Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Kerugian Sektor Kelautan RI Capai Rp 100 Triliun Per Tahun

Kompas.com - 20/06/2014, 19:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto, mengatakan, kerugian di sektor laut Indonesia mencapai Rp 100 triliun per tahun. Menurut dia, hal tersebut didapatkannya dari data internal tim suksesnya.

"Data dari tim pakar saya, kehilangan dari laut mencapai 100 triliun tiap tahun," ujar Prabowo di Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Karena itulah, dia bertekad untuk membangun ekonomi maritim saat ini. Pembangunan tersebut bisa melibatkan pihak swasta ataupun oleh pihak pemerintah sendiri.

"Saya sangat sependapat kita harus memperkuat sektor maritim kita. Kalau dunia swasta belum siap, pemerintah harus proaktif, kasih intensif, tax holiday dan angkatan laut kita harus kita perkuat," katanya.

Sementara itu, wakil calon presiden Hatta Rajasa mengatakan akan membanguan tranportasi laut yang baik dan mencoba menurunkan biaya logistik yang tinggi saat ini menjadi lebih rendah. "Pertama kita kembangkan transportasi logistik 14, 6 persen dari biaya produksi kita tekan jadi 10 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com