Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Yang Penting Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas

Kompas.com - 23/06/2014, 19:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia dalam laporannya yang diluncurkan hari ini mengatakan Indonesia memerlukan pertumbuhan ekonomi mencapai 9 persen. Ini dimaksudkan untuk menghindari jebakan kelas menengah atau middle income trap.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa Setyo Budiantoro mengatakan dirinya kurang menyetujui laporan Bank Dunia tersebut. Menurut dia, yang menjadi prioritas Indonesia saat ini bukanlah pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

"Artinya, bagaimana pertumbuhan mampu menyerap tenaga kerja, mengurangi kemiskinan, dan mengatasi ketimpangan," kata Setyo dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (23/6/2014).

Menurut Setyo, Indonesia saat ini mengalami ketimpangan terburuk dengan rasio gini mencapai 0,41 persen. Bila Indonesia terus mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi, ujar dia, artinya kekeliruan akan terus terjadi. "Apa artinya ekonomi tumbuh bila hanya dinikmati sebagian orang?" ungkap Setyo.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ketimpangan atau kekayaan yang terkonsentrasi tak hanya menyinggung rasa keadilan, namun juga menyebabkan ekonomi rentan dan rapuh. Daya beli yang tinggi hanya mampu dilakukan segelintir orang.

"Ini akan membuat agregat permintaan terbatas. Berarti pertumbuhan dengan ketimpangan tinggi juga tidak akan berkelanjutan, seperti menyusun rumah kartu yang sewaktu-waktu runtuh," jelas Setyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com