Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Terbatas, Pembangunan "Runway" III Bandara Soetta Tak Jadi Prioritas

Kompas.com - 26/06/2014, 06:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tak memasukkan pembangunan landas pacu III (runway) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Jakarta, sebagai prioritas program yang harus rampung pada tahun ini. Dalihnya, keterbatasan anggaran.

"Tapi karena APBN kita tahun ini limited dan butuh pembebasan tanah baru yang jumlahnya luar biasa dan itu impossible, maka tidak realistis jika runway III dibangun tahun ini," kata Menko Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung, di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Meski tak memiliki anggaran cukup untuk tahun ini, Chairul mengakui kepadatan di Bandara Soetta sudah dalam tahap mengganggu semua pihak. "Jika mau terbang melalui Soetta harus menunggu lama karena kapasitas enggak cukup," kata dia.

Untuk mengatasi persoalan itu, ujar Chairul, harus ada keputusan cepat tentang peningkatan pelayanan yang dapat dilakukan seefektif dan seefisien mungkin dalam waktu cepat. Dia menyebutkan cara itu adalah penambahan frekuensi pergerakan di Bandara Cengkareng dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

"Juni ini sudah mampu 72 gerakan per jam dan pada Juni tahun depan jadi 86 gerakan per jam, dan pada tahun berikutnya 90 gerakan per jam. Dengan begitu kita sudah bisa meningkatkan kapasitasnya lebih dari 50 persen," papar Chairul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com