Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Harga Daging Ayam Seperti Jet Coster

Kompas.com - 27/06/2014, 16:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan kesulitan memangkas rantai distribusi daging ayam yang membuat harganya naik tidak terkendali dalam beberpa tahun terakhir karena pasokan tidak stabil.

Fluktuasi harga daging ayam dalam beberapa tahun belakangan tersebut dinilai sama seperti wahana bermain jet coster.

“Ini sesuatu yang saya pikirkan, Anda sudah pernah lihat apa belum draf ayam itu naik sampai Rp 35.000 lalu turun ke Rp 25.000. Ini kan seperti jet coster, saya tidak bisa memotong rantai kalo pasokannya tidak stabil” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutf, di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Lutfi menjelaskan, kesulitan utama Kemendag melakukan pemotongan rantai distribusi daging ayam adalah karena pasokan ayam yang tidak stabil. Hal tersebut menyebabkan terjadinya spekulasi harga ayam di pasaran seperti yang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, Lutfi akan langsung berbicara dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengenai naiknya harga dagaing ayam yang disebabkan oleh rantai distribusi daging ayam yang sangat panjang dari peternak ke konsumen. “Saya yang akan datang sendiri ke KPPU, saya sendiri yang datang menjelaskan masalah ini,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com