Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Tak Cocok Ditanam di Indonesia, 90 Persen Bawang Putih Diimpor

Kompas.com - 27/06/2014, 19:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, 90 persen bawang putih yang beredar di pasar saat ini adalah bawang impor. Menurut Kemendag, hal tersebut karena bawang putih tidak cocok ditanam di Indonesia.

“Kita selalu mengharuskan kalau bisa harus disuplai dari dalam negeri, tetapi memang bawang putih tidak kompetitif ditanam di Indonesia. Jadi bawang putih itu 90 persen impor,” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Dia menjelaskan, impor tersebut memang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan bawang putih di Indonesia yang cukup besar. Sementara, pasokan dalam negeri sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat karena produksi bawang putih masih relatif kecil.

Kemendag sendiri sudah melakukan inspeksi ke pasar-pasar guna mengecek suplai bawang putih di lapangan. Dari beberapa inspeksi tersebut, Mendag mengatakan bahwa pasokan bawang putih menjelang Ramadhan saat ini relatif masih aman.

"Kita ke lapangan untuk mengecek suplainya. Untuk bawang putih, mendapat pasokan 245 persen lebih besar dari minggu sebelumnya. Barang banyak dan enggak mungkin harga berubah," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com