Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Mencoba Menguat

Kompas.com - 02/07/2014, 08:33 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan mencoba menguat dalam rentang tipis pada perdagangan Rabu (2/7/2014). Indeks dollar AS yang naik membatasi penguatan rupiah.

Walaupun PMI manufacturing AS lebih buruk dari sebelumnya, turunnya PMI manufacturing Zona Eropa menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) Kamis (3/7/2014) esok mendorong penguatan dollar index seiring pelemahan euro.

Buruknya data ekonomi, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia akan memaksa ECB untuk memperkenalkan strategi stimulus moneter baru yang akan cenderung melemahkan euro. Harga minyak Brent terus turun hingga 112 dollar AS per barrel.

Malam ini ditunggu data ADP Employment Change AS yang diperkirakan membaik.   Faktor global membawa rupiah menguat pada pembukaan kemarin pagi bersama-sama dengan harapan data ekonomi yang baik. Akan tetapi kenyataan bahwa surplus neraca perdagangan juga diikuti oleh penurunan tajam ekspor membuat penguatan rupiah terpangkas.

Hingga penutupan kemarin rupiah hanya menguat 0,09 persen ke Rp 11.864 per dollar AS. Harga minyak yang terus turun berpeluang mendorong penguatan rupiah lebih lanjut. Namun sentimen penguatan dollar AS akibat harapan pelemahan euro akan membatasi ruang penguatan rupiah hari ini.
baca juga: Morgan Staney: Prabowo Menang, Rupiah Longsor ke Rp 12.300 per Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com