Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Berlebihan, Gubernur The Fed Dikomplain Tetangga

Kompas.com - 02/07/2014, 14:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


WASHINGTON, KOMPAS.com - Gubernur Federal Reserve (The Fed) atau bank sentral AS Janet Yellen dikomplain tetangga sekitar kediamannya di Hillandale, Georgetown, AS.

Yellen dikomplain karena pengamanan yang dirasa berlebihan dan mengganggu lingkungan. Seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Rabu (2/7/2014), tetangga Yellen mengeluhkan prosedur keamanan yang melindungi rumah Yellen.

Senjata, pagar berlapis, dan kamera yang dipasang, membuat lingkungan menjadi tidak nyaman. Truk-truk keamanan seberat 7.000 pound atau 3,5 ton berhenti dan hilir mudik selama 22 menit tiap hari.

Saat Yellen meninggalkan kediamannya, truk lain melintas dan meninggalkan noda permanen. Padahal, peraturan di lingkungan Hillandale menyatakan dengan tegas melarang noda permanen meninggalkan bekas di jalan umum.

Sebagai Gubernur The Fed, Yellen diakui sebagai bankir nomor 1 dunia. Akan tetapi, pengamanan di kediaman Yellen dirasa berlebihan. Pengacara yang tinggal di dekat rumah Yellen, William Shawn meragukan apakah pengamanan semacam itu perlu. "Maksudnya untuk melindungi ekonom tak bersenjata?" ujar Shawn.

Di lingkungan pemukiman Hillandale, penghuni tinggal dengan tenang dikelilingi pagar, terdapat sepeda motor, dan cat rumah dengan beragam warna. Terdapat pula aturan pepohonan dan hewan peliharaan.

Penghuni tidak boleh memelihara lebih dari 2 hewan peliharaan. "Orang memilih tinggal di Hillandale karena kualitas kehidupan yang ditawarkan kepada para penghuni. Itu sesuatu yang harus kita jaga," kata salah satu penghuni Hillandale, Sallie Forman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com