Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah, IHSG Awal Sesi Tinggalkan Level 4.900

Kompas.com - 03/07/2014, 09:15 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com  - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Kamis (3/7/2014) berada di zona merah. IHSG dibuka turun ke posisi 4.905,73. Analis memproyeksikan perdagangan hari ini, indeks masih akan bergerak variatif.

Hingga sekitar pukul 09.10 WIB, indeks terpaksa meninggalkan level 4.900, karena turun 5,60 poin menjadi 4.899,58. Tercatat 81 saham naik, 51 saham turun, dan 53 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 284,49 miliar dengan volume 311,638.

Laju IHSG kemarin tidak jauh berbeda dibandingkan sehari sebelumnya dimana sempat mampir ke zona merah namun mampu kembali mengakhiri lajunya di zona hijau. Masih adanya aksi beli asing membuat IHSG mampu kembali bertahan di zona hijaunya.

Melemahnya Yen ternyata disambut postif pelaku pasar yang terlihat dari kenaikan Nikkei yang berimbas pada laju bursa saham Asia lainnya. Bahkan ASX pun mampu menghijau meski data neraca perdagangan Australia mengalami kenaikan defisit.

Imbas kenaikan indeks manufaktur China masih terasa sehingga pelaku pasar pun masih bertahan melakukan aktivitas tradingnya.

Riset Trust Securities memerkirakan IHSG akan berada pada rentang support 4.875-4.888 dan resisten 4.915-4.921.

"Three white soldier di middle bollinger band (LBB ). MACD masih naik cenderung golden cross dengan histogram negatif yang memendek. RSI, Stochastic, dan William’s %R mencoba bertahan naik. Laju IHSG diperkirakan masih akan variatif cenderung mencoba menguat dengan merespon masih terjaga positifnya sentimen global namun juga dibarengi dengan adanya beberapa aksi jual di pasar," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com