Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinar Mas Masuk Bisnis Televisi Kabel Berbayar

Kompas.com - 03/07/2014, 09:56 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Tak mau ketinggalan dengan konglomerat yang lain, Grup Sinar Mas mulai mengepakkan sayap bisnis di televisi (TV) berbayar. Lewat anak usaha PT Mora Quantro Multimedia (MQM), Sinar Mas melansir TV berbayar berlabel Innovate.

Supaya dilirik konsumen, Mora Quantro memberi fasilitas internet serta telepon di Innovate. "Kami membawa televisi berbayar beserta internet melalui kabel," kata Syakieb Sungkar, Vice President Comercial PT Mora Quantro Multimedia saat peluncuran MQM, Rabu (2/7/2014).

Manajemen MQM merasa pihaknya memang harus bisa bersaing dengan pemain sejenis yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Makanya, Mora Quantro memakai teknologi kabel fiber yang diklaim lebih baik ketimbang satelit.

Perusahaan ini pun rela merogoh kocek lebih dalam. Sayang, ia enggan membocorkan nilai investasi untuk mendirikan perusahaan ini. Syakieb hanya mengatakan investasi untuk produk Innovate ini sudah dimulai sejak 2010.

Pada tahun awal tersebut, Syakieb bilang Mora Quantro sudah mulai mengerjakan jaringan kabel. Namun untuk tahap perdana, Mora Quantro memang masih menggunakan teknologi analog hybird coaxial cable (HFC) dengan label  bernama HOMElinks.

Penggunaan kabel fiber sendiri baru bisa terlaksana sejak awal 2013 yang lalu. Hasilnya, "Saat ini pelanggan kami sudah mencapai 20.000 dan akhir tahun diharapkan bisa menjadi 100.000 pelanggan," imbuhnya.

Selanjutnya, Mora Quantro langsung pasang target bisa meraup jumlah pelanggan lebih banyak lagi tahun depan, yakni sebanyak 500.000 pelanggan. Ia optimistis produk anyar ini bisa mendapat respon positif dari masyarakat.

Uniknya, hingga kini produk Innovative masih belum bisa dinikmati warga Jakarta. MQM baru menjangkau kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Depok, Bekasi dan Surabaya. Rencananya dalam jangka pendek akan diperluas ke Bogor, Malang, Semarang serta Jakarta.

Sedangkan untuk jangka panjang diharapkan merambah Malang, Semarang dan Sumatera. "Kami memang sengaja menjangkau area pinggiran Jakarta untuk tes pasar. Mungkin baru akan masuk Jakarta akhir tahun ini," bebernya.

Mora Quantro sendiri menawarkan biaya langganan Innovative paling murah Rp 290.000 per bulan hingga Rp 2 juta per bulan. Nantinya konsumen bisa mendapatkan TV kabel, internet super cepat dan layanan over the top content (OTT), InnovateGo.

Sedangkan untuk telepon memakai jaringan Smartfren dengan biaya langganan sebesar Rp 46.100 per bulan. (RR Putri Werdiningsih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com