Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Ajukan Arbitrase, Newmont Akan Rugi Sendiri

Kompas.com - 04/07/2014, 10:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menanggapi dingin gugatan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) atas pemerintah Republik Indonesia ke arbitrase internasional. Hidayat menganggap gugatan tersebut akan membuat Newmont rugi.

"Ya diselesaikan lah. Nanti dia (Newmont) rugi sendiri," kata Hidayat sebelum mengikuti Rakor Stabilitas Keuangan di Kantor Pusat Bank Indonesia, Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut, Hidayat mengungkapkan, penyelesaian sengketa Newmont pada dasarnya tergantung pada penyelesaian renegosiasi antara pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia.

Ini karena Newmont menyatakan komitmen membangun pabrik pemurnian (smelter) dengan menumpang smelter milik Freeport. "Penyelesaian Newmont tergantung penyelesaian kita dengan Freeport. Jadi dia mestinya nunggu (izin ekspor konsentrat). Kalau dia nggak sabar, ya risiko dia nggak bisa ekspor lagi," ujar Hidayat.

Sekedar informasi, Newmont mengajukan gugatan arbitrase internasional atas Pemerintah Indonesia terkait larangan ekspor yang ditetapkan pemerintah. Dalam gugatan arbitrase yang diajukan kepada the International Center for the Settlement of Investment Disputes, PTNNT menyatakan keinginan memperoleh putusan sela yang mengijinkan PTNNT melakukan ekspor konsentrat tembaga. Sehingga, kegiatan tambang Batu Hijau dapat kembali beroperasi. (baca: Newmont Gugat Pemerintah Indonesia ke Arbitrase)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com