Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Janjikan Tahun 2015 Produksi Minyak Capai 1 Juta Barel

Kompas.com - 05/07/2014, 22:24 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Cawapres No.1 Hatta Rajasa meyakinkan semua pihak jika pada 2015 mendatang,  lifting minyak bisa melonjak hingga 1 juta barel per hari (bph). Sayangnya, Hatta tak menjelaskan lebih lanjut bagaimana caranya. Saat ini lifting minyak ada di kisaran 800.000 bph.

Hatta, mengaku lifting minyak terus turun sejak Jusuf Kalla menjadi Wakil Presiden, di kisaran 12 persen per tahun. Namun,dia mengklaim pada beberapa tahun terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berhasil menekan penurunan produksi minyak 3 persen per tahun.

“Awal 2015 saya yakin akan naik jadi 1 juta barel per hari,” kata Hatta dalam Debat Capres-Cawapres kelima yang mengusung tema Pangan, Energi, dan Lingkungan, yang dihelat KPU pada Sabtu (5/7/2014).

Sementara itu, untuk persoalan listrik yang masih banyak mengalami pemadaman, Hatta menuturkan hal tersebut lantaran pemerintah terlambat dalam membangun pembangkit listrik 10.000 megawatt.

Seharusnya, pembangkit tersebut sudah terbangun sejak 3 tahun silam. Dia menambahkan, saat ini kapasitas pembangkit PLN, sebesar 54.000 megawatt.

“Tapi persoalan terbesar berkaitan dengan energi adalah perlunya diversifikasi energi. Kita tidak boleh menggantungkan energi fosil, kita ke EBT. Maka diperlukan insentif, agar bisnis EBT tumbuh,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com