Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Tersendat Pemilu, Electronic Solution Tetap Ekspansi

Kompas.com - 07/07/2014, 10:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2014 bukan merupakan tahun yang mudah bagi Electronic Solution, pengecer barang-barang elektronik. Sebab, tahun politik malah memperlambat penjualan. Meskipun demikian, GM Electronic Solution dan Home Solution Willy Sutanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan ekspansi bisnis dengan menambah jumlah gerai pada tahun ini.

"Toko kami sekarang ada 58 toko. Kita harap akhir 2014 ada 61 sampai 62 toko. Kalau Home Solution sekarang di angka 41 toko. Kita harapkan akan buka 45 sampai 48," kata Willy di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Willy, angka investasi untuk membuka sebuah gerai baru sangat bervariasi, tergantung lokasi dan daerahnya. Akan tetapi, ia menyebut secara umum untuk gerai berukuran sekitar 1.000 hingga 1.500 meter persegi, investasi yang harus dirogoh mencapai Rp 7 miliar hingga Rp 11 miliar.

Adapun produk yang paling mendorong penjualan di Electronic Solution diakui Willy adalah televisi, khususnya yang berjenis layar datar. Selain itu, perangkat rumah tangga seperti pendingin ruangan dan mesin cuci pun menjadi pendorong utama penjualan.

"Key driver-nya TV, kemudian home appliances seperti AC dan mesin cuci. TV sendiri dari total (penjualan barang) elektronik bisa 30 sampai 35 persen," jelas dia.

Adapun untuk smartphone dan tablet, Willy mengaku penjualan semakin meningkat. Namun, melemahnya nilai tukar rupiah membuat penjualan tertekan.

"Smartphone grafiknya naik. Lagi-lagi ini isunya terkait dengan kurs. Tapi secara keseluruhan dengan tiap bulan ada launching produk baru itu mendorong (penjualan)," ujar Willy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com