Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Konversi ke BBG Bagus, tapi Butuh Waktu

Kompas.com - 07/07/2014, 11:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Rovicky Dwi Putrohari menilai, pasangan calon nomer urut 2, Jokowi-Jusuf Kalla bagus dalam ide implementasi penghematan bahan bakar minyak (BBM) melalui usaha transportasi massal. Menurut dia, sisi transportasi inilah yang selama ini membebani volume bahan bakar minyak.

"Hanya saja transportasi massal itu memerlukan waktu lebih dari 3-4 tahun. Sehingga dampak pada penghematan BBM baru akan terasa setelah transportasi massal ini selesai dibangun," katanya kepada Kompas.com, Minggu (6/7/2014).

Menurut Rovick, langkah untuk menghemat BBM membutuhkan waktu yang lebih singkat jika ada program diversifikasi ke gas dan batubara. "Program tersebut juga lebih singkat dibandingkan usaha menyediakan BBM dengan membangun kilang minyak yang pernah dilontarkan salah satu capres dalam kampanye-kampanye sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, cawapres Jusuf Kalla mengatakan, di bidang energi, pemerintahan di bawah komando Jokowi-JK akan melakukan konversi energi berbahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas, utamanya untuk transportasi.

"Kita sudah berhasil mengkonversi kompor, sekarang kendaraan. Kita juga akan melakukan perbaikan pada transportasi umum, di samping meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan seperti geothermal, air dan sebagainya," ujar JK. (baca: Jokowi-JK Fokus Cetak 1 Juta Hektar Lahan Sawah dan Konversi BBM )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com