Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Makin Ketat, Pendapatan Operasional Samsung Turun 25 Persen

Kompas.com - 08/07/2014, 10:48 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pabrikan elektronik raksasa dari Korea Selatan, Samsung, memperkirakan laba operasional kuartal II-2014 turun sebesar 25 persen, lantaran harus bersaing dengan gadget murah produksi Tiongkok serta menguatnya won, yang membuat produk Korea Selatan kurang kompetitif di pasar ekspor.

Mengutip AFP, Selasa (8/7/2014), laba operasional Samsung pada kuartal II tahun ini diperkirakan mencapai 7,2 triliun won (7,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 83 triliun) pada periode April-Juni. Jumlah ini menyusut dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 9,53 triliun won.

Sementara itu jika dibandingkan dengan kuartal I yang mencapai 8,49 triliun won, laba operasional Samsung kuartal II turun sebesar 15,2 persen. Penurunan kinerja Samsung memang telah diprediksi sebelumnya. Namun, angka yang dirilis tersebut meleset jauh dari perkiraan para analis.

Namun dalam pernyataan itu, Samsung tidak memberikan detail laba bersih yang mungkin akan diraupnya sepanjang kuartal II tahun ini serta pendapatan masing-masing divisi bisnisnya. Dalam penjelasannya hari ini, Samsung menyatakan pengumuman proyeksi itu dikeluarkan dalam rangka memperhatikan permintaan pasar dan investor.

"Kami dihadapkan pada lesunya pasar smartphone serta melihat semakin ketatnya pasar di Tiongkok dan Eropa. Hal ini tentunya akan menyebabkan persediaan barang kami makin menumpuk," jelas Samsung.

Dari sisi penjualan, Samsung mencatat sepanjang April-Juni tahun ini mencapai 52 triliun won, turun 9,5 persen dari tahun sebelumnya  dan 3,1 persen dari kuartal sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com