Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Iklan TV Selama Kampanye Pilpres Capai Rp 186 Miliar

Kompas.com - 10/07/2014, 17:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
- Total belanja iklan televisi untuk kampanye pilpres 2014 tercatat mencapai Rp 186,63 miliar. Masing-masing capres mengeluaran dana yang hampir berimbang untuk keperluan tersebut.

Dari riset yang dirilis perusahaan konsultan Sigi Kaca Pariwara terungkap pasangan nomor urut 1, yaitu Prabowo-Hatta Rajasa mencapai Rp 93,72 miliar. Adapun belanja iklan televisi yang dikeluarkan kubu Jokowi-JK sebesar Rp 92,9 miliar.

"Jumlah ini memang lebih kecil dibandingkan kampanye pemilihan legislatif lalu, yang belanja iklan TV-nya mencapai Rp 340 miliar. Namun, jumlah Rp 186 miliar itu masih bisa dikatakan wajar, mengingat tentu tidak semua parpol peserta koalisi di kedua belah pihak, akan all out untuk ikut urun dana kampanye bagi capres yang didukungnya,” ujar Direktur Sigi Kaca Pariwara, Sapto Anggoro, Kamis (10/7/2014).

Riset tersebut menunjukkan, dari kubu Prabowo?Hatta, spot Iklan TV bertajuk ‘Garuda Merah’ menjadi tema iklan yang banyak ditayangkan, dengan frekuensi tayang mencapai 725 kali. 

Sementara itu darikubu Jokowi – JK, tema yang paling banyak ditayangkan adalah ‘Siapkah Kita?,’ yang mendapat porsi penayangan sebanyak 335 kali.

“Yang menarik disini adalah, tidak semua iklan TV kubu Jokowi?JK, nampaknya berasal dari kantong partai koalisi PDIP, ada beberapa TVC yang terpasang atas nama gerakan relawan pendukung Jokowi-JK. Ada Relawan Laskar Biji Kopi, yang membuat tiga tema iklan TV dan memasang 70 spot iklan TV," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com