Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Antisipasi Ambil Untung

Kompas.com - 11/07/2014, 08:18 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan Jumat (10/7/2014). Tekanan ambil untung mengintai indeks seiring kenaikan sejak awal pekan bertaut dengan sentimen negatif dari bursa global.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan pelemahan, seiring melambatnya kinerja emiten. Kekhawatiran atas keuangan Portugal mengiringi perdagangan. Koreksi dialami indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,42 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,41 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh agresi Israel ke Palestina yang menimbulkan ketegangan di Timur Tengah. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar 0,58 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan 0,76 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas juga terkoreksi.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) di posisi 7,5 persen. Kedepan, investor menanti rilis kinerja semester pertama emiten.  Di sisi lain, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memberikan sentimen bagi IHSG.  

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG bergerak di atas EMA 200 hari.

"Indeks bergerak menguat dan membentuk gap up. Indeks breakout resistance dan membentuk level tertinggi baru di 5.165. Indicator RSI di zona 55% mengindikasikan potensi pasar di area overbought. Hari ini indeks akan bergerak mixed to up. Indeks akan bergerak di kisaran support 5.058 dan resistance 5.151," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com