Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Citigroup Baik, Wall Street Bergairah

Kompas.com - 15/07/2014, 07:24 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -Saham-saham di Wall Street mencetak keuntungan pada Senin (14/7/2014) waktu setempat (Selasa pagi WIB), terangkat oleh laba Citigroup yang lebih baik dari perkiraan serta sejumlah aktivitas merger dan akuisisi (M&A).

Pada penutupan perdagangan, Dow Jones Industrial Average naik 111,61 poin (0,66 persen) menjadi 17.055,42.

Indeks berbasis luas S&P 500 menguat 9,53 poin (0,48 persen) menjadi 1.977,10, serta indeks komposit teknologi Nasdaq naik 24,93 poin (0,56 persen) ke posisi 4.440,42.

"Setelah menderita melalui kinerja suram pekan lalu, kegairahan (bulls) diperoleh minggu ini pada pijakan yang positif, berkat hasil Citigroup yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua, serta sejumlah besar berita global tentang M&A," sebut Charles Schwab & Co dalam catatannnya.

Raksasa perbankan Citigroup mengumumkan laba kuartal kedua per saham 1,24 dollar AS, tidak termasuk biaya keuangan tujuh miliar dollar AS untuk penyelesaian pelunasan klaim penyelidikan hipotek, yang jauh di atas 1,05 mililar dolar AS yang diproyeksikan oleh para analis. Saham Citi melonjak 3,0 persen.

Bank of America Merrill Lynch menyatakan, kinerja operasi Citi mendorong rekan-rekan besar lainnya yang melaporkan pendapatan pekan ini.

Para investor tampaknya setuju dengan hal tersebut. Hal ini mendorong saham bank-bank naik: JPMorgan Chase bertambah 0,9 persen, Goldman Sachs meningkat 1,3 persen, Bank of America naik 1,2 persen dan Morgan Stanley naik 1,3 persen.

Komponen Dow Boeing naik 1,1 persen setelah mengumumkan, di pemeran dirgantara Farnborough di dekat London, bahwa Okay Airways, maskapai penerbangan swasta pertama milik Tiongkok, telah setuju untuk membeli 10 pesawat Boeing 737 lorong tunggal senilai 980 juta dollar AS pada daftar harga saat ini.

Pembuat obat AS AbbVie tergelincir 0,2 persen setelah Shire Pharmaceuticals yang berbasis di Dublin mendukung kesepakatan pengambilalihan yang direvisi naik menjadi 53,6 miliar dollar AS.  Saham Shire yang diperdagangkan di AS naik 2,1 persen. AbbVie, yang dipisah dari Abbott Laboratories pada 2013, telah berulang kali ditolak oleh Shire sejak usulan awal pada awal Mei.

Sementara itu, Abbott Laboratories menyatakan, pihaknya menjual obat generik bermereknya untuk pasar-pasar maju ke produsen obat generik Mylan untuk saham senilai pada perkiraan 5,3 miliar dollar AS. Saham Abbott naik 1,3 persen dan Mylan naik 2,1 persen.

Situs belanja daring (online) eBay dan rumah lelang Sotheby mengatakan mereka bekerja sama untuk menyediakan sebuah platform online untuk penjualan barang seni dan koleksi. Saham eBay turun 0,7 persen dan Sotheby naik 1,0 persen.

Whiting Petroleum berencana untuk mengakuisisi Kodiak Oil & Gas dalam kesepakatan seluruh saham enam miliar dollar AS yang menetapkan produsen terbesar di wilayah serpih paling berharga Bakken/Three Forks, perusahaan-perusahaan AS mengumumkan. Whiting melompat 7,7 persen dan Kodiak melonjak 4,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com