Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Bertahan, Rupiah Melorot ke Kisaran 11.700

Kompas.com - 15/07/2014, 08:30 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali dalam fase pelemahan setelah menguat sepanjang pekan lalu. Pada perdagangan Selasa (15/7/2014) ini mata uang garuda diproyeksikan berada di posisi bertahan di tengah peluang melemahnya dollar AS.

Dollar AS bergerak stabil dengan tendensi pelemahan menjelang testimoni Gubernur The Federal Reserve, Janet Yellen, di depan kongres AS yang akan berlangsung pada Selasa dan Rabu esok.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, keengganan The Fed untuk menaikkan suku bunga dalam waktu dekat yang tercermin pada notulensi FOMC meeting yang keluar minggu lalu menjaga harapan bahwa kesaksian Yellen akan mendorong pelemahan dollar AS. Hari ini ditunggu data ZEW Survey Expectation Zona Eropa.  

Rupiah sendiri masih memperlihatkan kecenderungan pelemahan yang agresif hingga penutupan sore kemarin walaupun mayoritas mata uang Asia berhasil menguat. Pelemahan rupiah dalam dua hari terakhir terjadi bersamaan dengan koreksi IHSG dari titik tertinggi tahun ini, yang dicapai satu hari setelah hasil quick count pemilu presiden diumumkan.

"Kembalinya tren pelemahan dollar AS berpeluang menghentikan tekanan pelemahan rupiah hari ini," tulis riset Samuel Sekuritas Indonesia.

Sementara di pasar spot, seperti dikutip dari data Bloomberg, pada awal perdagangan pagi ini rupiah melorot sehingga kembali menembus level 11.700. Sekita pukul 08.16 WIB, mata uang garuda ini turun 0.39 persen ke posisi Rp 11.710 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com