Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Batasi Penukaran Uang Rp 3,7 Juta per Orang

Kompas.com - 16/07/2014, 11:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan berbagai perbankan Tanah Air membuka layanan penukaran uang di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta. Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai menjelang hari raya Idul Fitri.

Meskipun demikian, bank sentral membatasi penukaran uang pada jumlah tertentu. "Oh iya (penukaran uang) dibatasi Rp 3,7 juta (per orang)," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan di Lapangan IRTI, Rabu (16/7/2014).

Menurut Lambok, pembatasan jumlah uang yang ditukar ini untuk menghindari kemungkinan uang yang telah ditukar akan dijual kembali dengan harga tinggi. Sebab, bank sentral menengarai ada masyarakat yang menukar uang untuk kebutuhan sendiri maupun untuk ditawarkan kembali dengan marjin yang tak sedikit.

"Nanti ada peluang untuk dapat lebih. Kita juga mengenal mana yang kita tengarai untuk kebutuhan pribadi dan bukan. Kami harus cerdas di lapangan, kami bedakan treatment-nya," ujar Lambok.

BI membatasi penukaran uang maksimal Rp 3,7 juta per orang. Terdiri dari pecahan Rp 20.000 sebesar Rp 2 juta, Rp 1 juta untuk pecahan uang Rp 10.000, pecahan Rp 5.000 senilai Rp 500.000, dan pecahan Rp 2.000 senilai Rp 200.000.

Di lokasi penukaran uang di Lapangan IRTI Monas, selain BI, terdapat 13 bank yang juga melayani masyarakat. Bank tersebut antara lain BRI, BCA, Bank Mandiri, BNI, BTN, Bank DKI, Bank BJB, Bank Permata, Bank Mega, Bank BNI Syariah, BII, dan Bank Muamalat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com