Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Lebaran, Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji Aman

Kompas.com - 18/07/2014, 08:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan gas menyambut Lebaran ini aman. Oleh karena itu, Pertamina mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan BBM atau elpiji.

"Untuk meyambut lebaran Pertamina sudah sediakan secara cukup baik untuk BBM, elpiji, dan Avtur pesawat. Jadi masyarakat jangan khawatir, BBM dan elpiji tersedia," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya di Jakarta, Kamis malam (17/7/2014).

Hanung menjelaskan, Pertamina sudah melakukan beberapa persiapan dalam menjaga ketersediaan BBM dan elpiji menjelang Lebaran. Untuk ketersediaan BBM misalnya, Pertamina menaikan menaikan pasokan untuk kebutuhan BBM per hari dari 81.000 kilo liter menjadi 92.000 kilo liter.

"Stoknya Premium tersedia untuk 18 hari, Solar 20 hari. Bahkan kita naikan Kebutuhan Premium per hari dari 81.000 menjadi 92.000 per hari, setiap hari stok itu kita pertahankan. Lainnya, terminal BBM kita buka 24 jam, truk tangki juga kita siapkan," katanya.

Sementara itu, untuk persediaan gas, Pertamina juga mengaku siap memasok gas untuk kebutuhan Lebaran. Menurut Hanung, stok elpiji saat ini tersedia untuk 19 hari ke depan. Bahkan untuk menghindari sulitnya masyarakat mendapatkan elpiji karena toko-toko tutup, Pertamina akan menjual LPG di outlet terdekat.

Pada Lebaran tahun ini, Pertamina juga memprediksi terjadinya peningkatan konsumsi BBM sebesar 8-10 persen untuk Premium, elpiji naik 6-7 persen, sementara konsumsi solar diperkirakan turun.

"Kita perkirakan Premium naik 8-10 persen, solar turun, elpiji naik 6-7 persen, Di beberapa daerah, seperti Jawa Tengah bisa naik 25 persen. Tapi dilokasi tertentu misalnya di Tasikmalaya dan Tegal bisa naik 2 kali lipat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com