Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbangi Jakarta-Amsterdam, Garuda Tak Gunakan Rute #MH17

Kompas.com - 18/07/2014, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk yang melayani rute Jakarta-Amsterdam PP tidak menggunakan rute Malaysia Airlines MH17, yang melewati wilayah udara Eropa Timur.

Juru Bicara Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan menyebutkan rute yang diambil Malaysia Airlines bukan rute reguler yang biasa dipakai perseroan untuk terbang ke Amsterdam. Ada rute lain yang selama ini dianggap lebih nyaman untuk dilewati.

"Jika dari Amsterdam ke Jakarta, Garuda mengambil rute melaui Istambul, Dubai, kemudian melalui Srilanka kemudian langsung ke Jakarta. Rute ini lebih efisien bagi kami yang terbang dari Amsterdam ke Jakarta," ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (18/7/2014).

Menurut Ikhsan, rute yang digunakan Garuda selama ini untuk penerbangan ke Amsterdam dan sebaliknya dinilai lebih aman dan cepat. "Jadi ini rutenya yang kami ambil ini lebih ke barat dari yang diambil Malaysia Airlines, dan bukannya menghindari rute yang dipakai Malaysia Airlines," lanjutnya.

Sementara itu dari data yang dikumpulkan Kompas.com, rute yang digunakan Malaysia Airlines untuk penerbangan ke Eropa selama ini banyak mengambil jalur di atas wilayah udara India, Afghanistan, kemudian memasuki wilayah negara-negara pecahan Uni Soviet di Asia Tengah, dan Eropa Timur.

Rute ini juga digunakan oleh maskapai lain, seperti Singapore Airlines, yang menggunakan rute yang sama dengan Malaysia Airlines untuk penerbangan ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com