Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Lebaran, BRI Siapkan Dana Tunai Rp 25 Triliun

Kompas.com - 21/07/2014, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 25,5 triliun, seiring dengan persiapan Lebaran. Dana tersebut akan disebar melalui berbagai kantor cabang dan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perseroan di seluruh Indonesia. 

“Dana tunai ini akan kami siagakan melalui 540 kantor cabang sebesar Rp 7,56  triliun dan melalui 19.164  ATM sebesar Rp 17,937 triliun di seluruh Indonesia. Jadi, totalnya ada Rp 25,497 triliun,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria, dalam keterangan pers, Senin (21/7/2014).

BRI berharap dana tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat mulai dari H-7, hingga H+7.  “Jadi kami ingin pastikan bahwa masyarakat benar-benar terlayani oleh BRI,” lanjutnya.

Dana tunai yang disediakan BRI pada tahun ini mengalami kenaikkan sebesar 7 persen dari Lebaran tahun lalu. Jumlah itu setara dengan Rp 1,69 triliun.

Perseroan juga akan memenuhi kebutuhan dana tunai untuk wilayah Jabodetabek, meskipun wilayah ini akan ditinggalkan sebagian warganya yang mudik ke kampung halaman. Khusus untuk wilayah ini, perseroan menyiapkan dana sebesar Rp 1,2 triliun melalui 88 kantor cabang.

Budi menambahkan, dengan mengambil asumsi kebutuhan kas harian kantor cabang dan unit kerja yang  rata-rata  sebesar Rp 1 miliar per hari selama periode lebaran  H-7 hingga H+7, maka perseroan akan melakukan pengisian ATM sebanyak empat kali sepekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com