Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I, aba Bersih BTPN Capai Rp 996 Miliar

Kompas.com - 21/07/2014, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) pada akhir semester I membukukan laba bersih sebesar Rp 996 miliar atau turun sekitar 10 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,1 triliun.

Meskipun demikian, penyaluran kredit perseroan mengalami kenaikan sebesar 15 persen per akhir semester I tahun ini menjadi Rp 50 triliun dari semester I-2013 sebesar Rp 43,6 triliun, dengan rasio kredit bermasalah (gross) sebesar 0,9 persen.

Direktur Utama BTPN, Jerry Ng mengungkapkan perekonomian Indonesia sepanjang semester I-2014 masih menghadapi berbagai tantangan.

“Tahun 2014 menjadi periode penuh tantangan bagi industri perbankan. Menjalankan fungsi intermediasi bank dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat merupakan tantangan tidak mudah. Untuk itu, BTPN fokus melakukan hal-hal fundamental dalam menghadapi situasi seperti ini,” katanya dalam siaran pers, Senin (21/7/2014).

Menurut Jerry, langkah yang diambil BTPN antara lain dengan meningkatkan cadangan likuiditas, menjaga kualitas kredit dengan baik, mengelola biaya bunga dan biaya operasional secara cermat.

Dari sisi perolehan dana pihak ketiga, per 30 Juni 2014, perseroan berhasil mengumpulkan sebesar Rp 52,7 triliun, tumbuh 10 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 47,7 triliun. “Loan to deposit ratio terjaga di level 95 persen. Apabila memperhitungkan pendanaan dari obligasi, rasio likuiditas kami mencapai 85 persen, ini merupakan tingkat yang kuat dan sehat,” lanjut Jerry.

Adapun total aset perseroan juga tercatat naik sebesar 12 persen secara year on year dari Rp 63,9 triliun menjadi Rp 71,4 triliun pada 30 Juni 2014, dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sebesar 23,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com