Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Indonesia Timur, Batik Air Tambah 13 Armada

Kompas.com - 22/07/2014, 11:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Batik Air tak surut berekspansi meskipun mengakui kinerja semester I-2014 tak menggembirakan. Masuk semester II tahun ini, maskapai penerbangan yang terafiliasi dengan Grup Lion, pemilik Lion Air ini, bakal menambah 13 armada pesawat.

Menurut rencana, pesawat pertama akan mulai masuk hanggar Batik Air pada Agustus 2014 mendatang. "Kemudian pesawat berikutnya bertahap setiap bulannya," papar Achmad Luthfie, Presiden Direktur Batik Air, pekan lalu. Sayangnya, dia tak mau sekaligus menyebutkan anggaran pengadaan 13 armada pesawat tersebut.

Yang pasti, ke-13 armada pesawat tersebut terdiri dari tujuh pesawat Airbus A320-200 dan delapan pesawat Boeing 737-800. Penambahan ini bakal menggenapi jumlah armada pesawat Batik Air pada akhir tahun 2014 menjadi 19 armada pesawat.

Bukan tanpa tujuan, Batik Air belanja besar-besaran di tengah kondisi industri penerbangan yang meredup. Ada dua hal yang disasar maskapai penerbangan berlogo batik di badan pesawatnya ini.

Pertama, membidik rute penerbangan baru wilayah Indonesia Timur. Menurut perhitungan Batik Air, rute penerbangan ini masih menjanjikan karena slot penerbangan yang masih sepi. Sejauh ini, rata-rata rute penerbangan ke Indonesia Timur berangkat pada malam hari. Pelaku bisnis penerbangan ini pun kebanyakan adalah maskapai penerbangan kecil.

Salah satu bidikan rute baru adalah Ujung Pandang–Timika. Namun, maskapai penerbangan ini masih harus bersabar merealisasikan penambahan rute baru tersebut. Pasalnya Batik Air masih menunggu persetujuan dari Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Selain membuka beberapa rute baru, Batik Air juga akan menambah frekuensi penerbangan dari rute penerbangan yang sudah ada. "Misalnya rute Makassar–Ternate akan kami tambah dari dua kali penerbangan sehari menjadi lima penerbangan sehari," terang Achmad.

Pilihan Batik Air memperbanyak rute dan frekuensi penerbangan ke Indonesia Timur ini sejalan dengan pilihan mayoritas rutenya. Asal tahu saja, satu-satunya rute penerbangan ke wilayah Barat yang dilayani maskapai penerbangan yang mengudara per Mei 2013 ini, adalah Jakarta–Pekanbaru. (RR Putri Werdiningsih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com