Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Kredit Perbankan Kuartal III Diprediksi Membaik

Kompas.com - 22/07/2014, 13:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan kredit baru secara kuartalan pada kuartal III 2014 diperkirakan akan menunjukkan perbaikan dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal itu dilaporkan Bank Indonesia (BI) dalam Survei Perbankan Kuartal II 2014.

BI menjelaskan, perbaikan pertumbuhan kredit baru pada kuartal III tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kuartal III yang meningkat menjadi 90,7 persen dari sebelumnya 87,9 persen.

"Meskipun diiringi dengan kenaikan suku bunga kredit, namun perkiraan masih kondusifnya kondisi ekonomi dan moneter pada triwulan mendatang, serta terkendalinya risiko penyaluran kredit menjadi faktor pendorong optimisme responden terhadap penyaluran kredit baru triwulan III 2014," tulis BI.

BI melaporkan rata-rata pemberian kredit baru pada kuartal III 2014 diprediksi meningkat 5,75 persen secara kuartalan. Adapun pertumbuhan outstanding kredit hingga kuartal III 2014 dibandingkan posisi Desember 2013 diprediksi tumbuh 12,62 persen.

"Prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit baru masih sama dengan prioritas kredit baru triwulan sebelumnya, yaitu kredit modal kerja dari sisi penggunaan, KPR atau KPA untuk jenis kredit konsumsi, serta sektor perdagangan besar dan eceran dari sisi sektoral," sebut BI.

Pada kuartal II 2014 terlihat penguatan pertumbuhan kredit baru pada semua kelompok bank, baik bank besar, menengah, hingga bank kecil dan seluruh sektor. Adapun peningkatan terjadi pada bank kecil.

Di tengah kenaikan suku bunga kredit, peningkatan kebutuhan pembiayaan nasabah dinilai mendorong penguatan permintaan kredit baru pada kuartal II 2014. Meski demikian, survei memperlihatkan pula pengetatan perbankan dalam menyalurkan kredit. Hal ini tercermin dari kenaikan persentase kredit yang ditolak menjadi 12,9 persen dari sebelumnya 12,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com