Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Pastikan Stok BBM dan Elpiji Aman Selama Lebaran

Kompas.com - 25/07/2014, 17:37 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengunjungi Depo pengisian bahan bakar minyak (BBM) Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (25/7/2014). Dalam kunjungannya, Jero memastikan pasokan BBM aman selama lebaran.

"Mengenai BBM, direksi Pertamina mengatakan kebutuhan untuk premium naik. Itu sudah diantisipasi titik paling banyak (membutuhkan BBM) di mana," ujar Jero di Plumpang, Jakarta Utara, Jumat.

Jero menjelaskan, kebutuhan BBM jenis Premium naik menjadi 14 persen. Pertamina pun telah mengantisipasi kenaikan tersebut dengan memperbanyak kantong-kantong BBM di jalur alternatif.

"Sudah diantisipasi titik paling banyak di mana, juga antisipasi kalau terjadi kemacetan di jalan," kata Jero.

Selain itu, lanjut Jero, untuk kebutuhan jenis solar menurun. Hal ini dikarenakan, banyak truk tangki tidak beroperasi karena libur jelang lebaran. Untuk itu, pasokan premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum diperbanyak.

"Ada beberapa SPBU jual bensin solar jadi premium. Itu antisipasinya," jelas Jero.

Adapun, untuk pasokan jenis Pertamax dan Pertamax plus, telah tersedia stok 1,5 kali lipat. Selain itu, Jero pun memastikan pasokan elpiji aman selama lebaran.

"Sebelum hari H tinggi sekali kebutuhan elpiji. SPBU juga diwajibkan siapkan elpiji," kata Jero.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya menambahkan, Pertamina juga telah melakukan antisipasi jika terjadi hambatan dalam pendistribusian BBM. Ia pun memastikan pasokan BBM dan elpiji aman.

"Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat selama mudik dan balik berlebaran, Pertamina memastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman," ujar Hanung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com