Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Coba Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 12/08/2014, 08:16 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan melanjutkan penguatannya pada perdagangan Selasa (12/8/2014). Sentimen internal maupun eksternal mendorong investor membeli saham-saham unggulan.

Pasar saham AS melanjutkan kenaikan, seiring dengan meredanya tensi geopolitik antara Rusia dan Ukraina.  Penguatan itu diapresiasi indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,10 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,28 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh kebijakan China yang melonggarkan pemberian kredit. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar 0,54 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan 0,70 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas kembali terkoreksi.

Dari dalam negeri, tekanan terhadap nilai tukar rupiah telah terapresiasi pasar, seiring telah diantisipasinya rilis defisit transaksi berjalan di kuartal dua 2014. Di sisi lain, aliran dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia masih terus terjadi, sejalan dengan optimisme terhadap pemerintah baru.    

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Jangka pendek indeks masih dalam fase konsolidatif. Indeks membentuk gap up dan bergerak menguat 1,18 persen.

"Hari ini Indeks masih akan bergerak melanjutkan penguatannya dengan kenaikan terbatas dan coba menguji resistance di level 5.122. Indeks bergerak di kisaran support 5.096 dan resistance 5.122," tulisnya.

Beberapa saham yang layak dikoleksi untuk hari ini adalah JSMR, BBRI, TLKM, MAIN dan KLBF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com