Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa, Karyawan Merpati Bawa Spanduk "SBY Love Merpati"

Kompas.com - 13/08/2014, 11:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Sebanyak 300 karyawan PT Merpati Nusantara Airlines kembali turun ke jalan pada Rabu (13/8/2014) untuk menuntut penyelamatan atau restrukturisasi maskapai penerbangan pelat merah tersebut. Kali ini, mereka mendatangi Kementerian Keuangan.

Ketua penanggung jawab aksi yang juga Ketua Serikat Karyawan Merpati, Purwanto, mengatakan, mereka menuntut agar Kementerian Keuangan setuju untuk kembali memberikan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 1 triliun.

"Itu di AD/ART Merpati, harus ada dana talangan. Negara masih berkewajiban untuk memberikan PMN ke Merpati," ujar Purwanto.

Menurut dia, dana talangan tersebut bisa menghidupkan kembali Merpati. Namun, perlu ada konversi utang pemerintah menjadi saham (debt to equity swap). "Yang turun hari ini ada 300 orang, termasuk karyawan, pilot, awak kabin, staf administrasi keuangan, dan banyak lagi," kata dia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, massa mulai menyambangi kantor Chatib Basri itu pada pukul 10.20. Massa aksi membawa beragam spanduk, yang antara lain bertulisan "Restrukturisasi dan Revitalisasi Merpati Sekarang Juga", "Selamatkan Merpati Sekarang Juga", dan "SBY Love Merpati".

Kemarin, mereka juga berunjuk rasa di Kementerian BUMN.

Baca: Nasib Karyawan Merpati, dari Tukang Soto hingga Bercerai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com