Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keunggulan Kopi Indonesia

Kompas.com - 15/08/2014, 08:44 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Indonesia memang sudah disalip Vietnam dalam urusan ekspor kopi di dunia, namun Indonesia masih dinilai masih memiliki kualitas kopi lebih baik ketimbang negeri yang terletak paling timur disemenanjung Indocina tersebut bahkan di dunia.

Lalu pertanyaannya, mengapa Indonesia dinilai sebagai salah satu negara dengan kualitas kopi terbaik didunia?

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, bahwa kopi Indonesia memiliki rasa yang sangat khusus dibandingkan negara-negara lain. Bahkan, kopi diberbagai daerah di Indonesia memiliki rasa yang berbeda-beda dan khas.

"Kopi itu kan ada cupping-nya, taste dari speciality coffe Indonesia itu punya taste yang spesifik, itu yang tidak dimiliki kopi dari negara lain, dan itu antara Kopi Mandailing dan Kopi Jawa, Kopi Bali saja berbeda, itu hebatnya kopi Indonesia," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak di Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Dengan baiknya kualitas kopi Indonesia tersebut, sebut dia, harga kopi Indonesia termasuk cukup mahal di pasar dunia. Kopi Indonesia yang memiliki harga tinggi karena kualitasnya biasa disebut speciality coffee yang terdiri coffee Java, Mandailing, Gayo, Toraja, dan Ijen.

Di luar kelima speciality coffee tersebut, harganya tidak terlalu tinggi. Kopi-kopi yang harganya tidak terlalu mahal tersebut diantaranya kopi yang berasal dari Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan yang menghasilkan sekitar 50 persen dari kopi robusta nasional. Oleh karena itu wilayah tersebut disebut Segi Tiga Emas Kopi.

Berdasarkan fakta bahwa kopi Indonesia memiliki citarasa yang khas, Nus pun tidak sungkan-sungkan menyebut bahwa kopi Indonesia saat ini adalah kopi dengan ragam jenis rasa terbaik di dunia.

baca juga: Kopi Luwak Naikkan Pamor Indonesia di Mata Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com